MANAJEMEN MEMORI
Secara
umum, Manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala
sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Memori adalah pusat dari
operasi pada sistem komputer modern, berfungsi sebagai tempat penyimpanan
informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Jadi, Manjemen memori
(Memory Manager) adalah salah satu bagian sistem operasi yang mempengaruhi
dalam menentukan proses mana yang diletakkan pada antrian. Manajemen memori DOS merupakan
mekanisme pengaturan memori pada sistem operasi DOS.
Sistem operasi berjalan dalam modus real dengan arsitektur
berbasis prosesor intel x86.
Terdapat
2 manajemen memori yaitu :
a) Manajeman memori statis
Dengan pemartisian statis, jumlah, lokasi dan ukuran
proses dimemori tidak beragam sepanjang waktu secara tetap.
b) Manajemen memori dinamis
Dengan pemartisian dinamis , jumlah, lokasi dan ukuran
proses dimemori dapat beragam sepanjang waktu secara dinamis.
Fungsi
Manajemen Memori
1. Mengelola informasi memori yang dipakai dan tidak
dipakai
2. Mengalokasikan memori ke proses yang memerlukan
3. Mendealokasikan memori dari proses yang telah selesai
4. Mengelola swapping antara memori utama dan disk
Menejemen
Perangkat Masukan/Keluaran
Manajemen
perangkat masukan/keluaran merupakan aspek perancangan sistem operasi terluas
dan kompleks karena sangat beragamnya perangkat dan aplikasinya. Beberapa
fungsi manajemen input/ouput (I/O) :
a) Mengirim perintah ke perangkat I/O agar menyediakan
layanan
b) Menangani interupsi perangkat I/O
c) Menangani kesalahan perangkat I/O
d) Menyediakan interface ke pemakai
Manajemen
File
Manajemen
File adalah sebuah metode dan struktur data yang digunakan oleh sistem operasi
pada komputer untuk mengatur dan mengorganisir file yang ada pada disk ataupun
memori.
Fungsi
Manajemen File :
1.
Memudahkan dalam
bekerja
2.
Mudah dalam
menemukan file
3.
Mudah dalam
mengubah, mengedit dan menghapus file
4.
Agar tidak
berantakan dan terlihat rapi
5.
Data dapat
disimpan dengan aman
6.
Mudah dalam
melakukan recovery
GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)
GUI adalah suatu sistem yang membuat para pengguna
atau user memapu berinteraksi dengan suatu perangkat komputer yang digunakan
oleh si user tersebut. GUI sendiri dapat dikendalikan menggunakan beberapa
macam alat input, seperti mouse, keyboard, touchscreen, dan lain sebagainya. Dalam
penerapannya GUI lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pengguna umum, karena
tujuannya lebih ke User Friendly. Dengan adanya GUI, user akan hanya perlu
mengeklik gambar atau ikon yang sudah dibuat oleh suatu software tersebut,
karena Graphic user interface ini telah mengkonversi perintah tersebut menjadi
ikon di dalam layar komputer yang dapat diklik untuk menjalankan fungsinya. Fungsi
GUI dalah mempermudah user menggunakan sebuah software dalam komputer. Karena
GUI mempermudah user dengan satu klik bisa menampilkan sebuah aplikasi, bukan
lagi dengan cara mengetiknya.
Contoh
GUI :
1. Windows (Microsoft)
Mircorost Windows merupakan sitem operasi yang
dikembangkan menggunakan antarmuka berbasis GUI.
2. Unix
UNIX merupakan Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken
Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX
didesain sebagai portable operation system, Multi-Tasking dan Multi-User.
3. Linux
Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu
varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi
GNU.
STUDI KASUS SOFTWARE
Saya menggunakan software
Blender. Berikut salah satu contoh project yang saya buat
Perangkat yang saya gunakan adalah Laptop Acer Swift3 Core i7 dengan spesifikasi berikut
Untuk aplikasi blender ketika di install di laptop saya tidak ada kendala sama sekali dan juga aplikasi bisa di jalankan sebagaimana mestinya. Karena Processor yang digunakan pada laptop saya adalah Core i7, maka sangat cocok untuk desain grafis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar